S1 Computer Engineering

Visi

“Menjadi Program Studi Teknik Komputer yang Unggul di Indonesia yang Berstandar Internasional di Bidang Sistem Komputer, Sistem Tertanam dan Internet of Things”

Misi

  1. Menyelenggarakan dan mengembangkan program pendidikan teknik
    komputer yang profesional, bermutu, kreatif, dan inovatif dengan keunggulan dalam bidang sistem komputer, sistem tertanam, dan internet of things.
  2. Melaksanakan riset diperancangan, pengembangan, penerapan, dan perawatan sistem komputasi modern untuk mendukung pengembangan ilmu pengetahuan & teknologi sistem komputer, sistem tertanam, dan internet of things.
  3. Menyelenggarakan program pengabdian kepada masyarakat (PKM) mengembangkan pusat layanan dan kerjasama inovasi bidang rekayasa sistem komputer, sistem tertanam, dan internet of things untuk menghasilkan produk terapan yang berdaya saing.
  4. Menyelenggarakan tata kelola yang kredibel, transparan, akuntabel,
    jujur, adil, dan bertanggung jawab.

Kurikulum Program Studi Teknik Komputer disusun sesuai dengan yang diamanatkan Undang-undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, dan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2013 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), Peraturan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Nomor 44 Tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT). Sebagai sebuah program studi penyelenggara pendidikan tinggi jenjang sarjana (strata-1), maka standar kompetensi umum lulusan Program Studi Teknik Komputer mengacu pada KKNI Level 6.


Untuk mencapai standar kompetensi sesuai dengan profil dan profesi lulusan, disusun capaian pembelajaran (Learning Outcomes) berdasarkan standar kompetensi lulusan (Program Outcomes). Capaian pembelajaran lulusan S1 Teknik Komputer diturunkan dari profil lulusan dengan meninjau tiga unsur yaitu:

Unsur pertama: nilai-nilai yang dicanangkan UTI (University Value) mengacu pada prinsip penyelenggaraan pendidikan dari Yayasan Pendidikan Teknokrat yang tersirat pada slogan menyelenggarakan pendidikan yang “Disiplin, Bermutu, Kreatif dan Inovatif”.

Unsur kedua: telaah keilmuan dan keahlian (Scientific Vision) program studi didasarkan pada visi keilmuan ke depan yang bermuara pada azas manfaat bagi kesejahteraan masyarakat. Telaah keilmuan Program Studi Teknik Komputer dilakukan dengan mengacu pada aturan dan standar kompetensi yang telah ditetapkan KKNI, SNPT dan ABET serta mengacu pada kurikulum Teknik Komputer (Computer Engineering Curicula 2016) yang diterbitkan oleh asosiasi profesi internasional ACM dan IEEE serta mengacu juga pada kurikulum Teknik Komputer yang dikeluarkan oleh asosiasi profesi nasional APTIKOM. Visi keilmuan Teknik Komputer UTI merupakan irisan antara Visi keilmuan Teknik Elektro dan Teknik Informatika.

Unsur ketiga: Peninjauan kebutuhan masyarakat pemangku kepentingan (Market Signals) ditujukan untuk mengetahui tingkat kebutuhan masyarakat, industri, dan pemangku kepentingan terhadap lulusan Program Studi S1 Teknik Komputer.

Berikut adalah deskripsi dari masing-masing profil lulusan pada Prodi S1. Teknik Komputer :

Embedded System Engineer : Lulusan Teknik Komputer yang memiliki kemampuan dalam desain, membangun, implementasi, dan merawat sistem tertanam pada perangkat tertentu yang dapat bekerja secara otomatis.

Internet of Things (IoT) Engineer : Lulusan Teknik Komputer yang memiliki kemampuan dalam perancangan, membangun, mengendalikan dan memonitoring melalui aplikasi berbasis Internet of Things (IoT).

Automation Engineer : Lulusan Teknik Komputer yang memiliki kemampuan mengelola dan menggunakan otomasi sistem dalam industri.

IT Consultant/Support : Lulusan Teknik Komputer yang mampu memberilkan layanan dalam melakukan analisis kebutuhan, desain, pembuatan, implementasi, dan perawatan sistem komputer dan sistem tertanam dengan menggunakan prosedur tepat dengan mengacu pada keilmuan Teknik Komputer.

Pengajar/Instruktur/Akademisi : Lulusan yang mampu melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dalam bidang keahlian Teknik Komputer untuk meningkatkan kapasitas dirinya sebagai calon tenaga akademik.

Pedoman Program Merdeka Belajar, Kampus Merdeka (MBKM) Prodi S1. Teknik Komputer -> Download

Prestasi Tahun 2019

A. Tingkat Nasional

  • Juara III dan Best Design pada Kontes Robot Indonesia divisi KRSBI Humanoid tanggal 20-22 Juni 2019.
  • Medali Emas Kyurugi Kelas Feather Under 67 Kg Senior Putra pada Prasetya Mulya Olympics di Universitas Prasetya Mulya Jakarta Selatan tanggal 13 – 14 April 2019.
  • Medali Emas Kelas Under 68 kg kyurugi Putra pada Kejuaraan Taekwondo the Kick Indonesia Championship 2019 di GOR Cibubur Jakarta tanggal 24 – 25 Agustus 2019.
  • Juara V Penyaji Unggulan, Kostum & penata rias terbaik pada 13rd Nasional Folklore Festival tanggal 6 Maret 2019.
  • Juara I dan Strategi Terbaik pada Kontes Robot Indonesia divisi KRSBI Humanoid tanggal 4 – 6 April 2019.

B. Tingkat Provinsi

  • Juara II pada Open Turnamen Taekwondo Saburai CUP X provinsi Lampung tanggal 16 – 17 Maret 2019.

 

Prestasi Tahun 2020

A. Tingkat Nasional

  • Juara III Kategori Menggiring Bola pada Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Humanoid tanggal 21 November 2020.
  • Juara II Kategori Lari pada Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Humanoid tanggal 21 November 2020.
  • Juara II pada Lomba Karya Tulis Ilmiah Muria Scientific Essay Competition tanggal 15 November 2020.
  • Juara II pada Turnamen Cup XXX E-Sport Mobile Legends tanggal 2-7 November 2020.

C. Tingkat Regional

  • Juara I Kategori Menggiring Bola pada Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Humanoid tanggal 7 s.d. 8 Oktober 2020.
  • Juara I Kategori Lari pada Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Humanoid tanggal 7 s.d. 8 Oktober 2020.
  • Juara II Kategori Kerjasama Robot pada Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Humanoid tanggal 7 s.d. 8 Oktober 2020.
  • Strategi terbaik pada Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Humanoid tanggal 7 s.d. 8 Oktober 2020.

 

Prestasi Tahun 2021

A. Tingkat Nasional

  • Juara 3 Tunggal Putra pada Kompetisi Pencak Silat Lampung Berjaya Virtual Cup tanggal 12 – 14 November 2021.
  • Juara 1 Ganda Putra pada Kompetisi Pencak Silat Lampung Berjaya Virtual Cup tanggal 12 – 14 November 2021.

B. Tingkat Regional 

  • Juara II Lomba Lari pada Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Humanoid.
  • Juara III Lomba Menggiring Bola pada Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Humanoid.
  • Juara III Lomba Kerja sama Robot pada Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Humanoid.

 

Prestasi Tahun 2022

A. Tingkat Nasional

  • Juara III Internet of Things pada Technocorner 2022 tanggal 22 Mei 2022.
  • Juara II Internet of Things pada Internet of Things Universitas Mercubuana 11 juni 2022 Tahun 2022.
  • Juara I Divisi KRTMI pada Kontes Robot Indonesia Tahun 2022 Divisi Kontes Robot Tematik Indonesia (KRTMI).
  • Juara II Divisi KRSBI Humanoid pada Kontes Robot Indonesia Tahun 2022 Divisi Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) .
  • Juara I Cover Lagu Rohani pada Lomba Jnana Dharma Digital 2022 Tingkat Nasional tanggal 20 Mei – 29 Mei 2022.
  • Juara III Sloka Kreatif pada Lomba Jnana Dharma Digital 2022 Tingkat Nasional tanggal 20 Mei – 29 Mei 2022.
  • Juara II Musik Islami pada Perlombaan Musik Islami Tingkat Nasional Juni 2022.

B. Tingkat Provinsi

  • Juara I Vokal Grup pada BASWARAFEST II PSM Bahana Swarantika Se-provinsi Lampung 2022.

 

Prestasi Tahun 2023

A. Tingkat Nasional

  • Juara II pada Kompetisi 3d Aeromodeling Competition Technogine tanggal 17 – 20 Januari 2023.
  • Juara II pada Kompetisi Tari National Folklore Festival tanggal 8 – 11 Maret 2023 di Universitas Indonesia.