S1 Informatics

Visi

“Menjadi Program Studi Informatika yang bertaraf internasional di wilayah Sumatera tahun 2030 pada bidang pengembangan perangkat lunak dan sistem cerdas serta berperan aktif dalam Pembangunan Bangsa melalui Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat”

Misi

  1. Menyelenggarakan Pendidikan yang dapat menghasilkan lulusan yang
    memiliki pengetahuan, etika akademik dan sikap profesional dalam bidang pengembangan perangkat lunak dan sistem cerdas.
  2. Melaksanakan penelitian yang berfokus pada bidang pengembangan perangkat lunak dan sistem cerdas untuk mendukung pembangunan bangsa
  3. Berpartisipasi dalam memberikan layanan kepada masyarakat yang berbasis keilmuan dan teknologi tepat guna pada bidang pengembangan perangkat lunak dan sistem cerdas
  4. Mengembangkan sumber daya manusia dan program studi yang berkualitas melalui kerjasama dengan berbagai institusi baik dalam maupun luar negeri.

Kurikulum Program Studi Informatika FTIK UTI dirancang untuk menghasilkan lulusan yang profesional di bidang komputer. Setelah menyelesaikan program S1 Informatika, lulusan akan dapat berkarir sebagai: Software Engineer/Developer, AI Engineer, Data Scientist, Gaame Developer, IT Support/Consultant, Instruktur/Pengajar. Kurikulum S1 Informatika dikembangkan dengan mengacu pada standar Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan standar kurikulum Ilmu Komputer/Informatika yang di kembangkan oleh Association for Computing Machineries (ACM) serta IABEE. Selain itu Kurikulum juga dikembangkan dengan mengacu pada kebutuhan pengguna lulusan baik itu lokal, nasional, dan internasional, sehingga lulusan S1 Informatika akan mampu berkompetisi di level nasional dan internasional.


Total SKS minimal yang harus ditempuh untuk lulus S1 Informatika adalah 146 sks yang terdiri 125 sks matakuliah wajib, dan 12 sks atau lebih matakuliah pilihan, 3 sks Praktik Kerja Lapangan serta 6 sks Skripsi. Berikut pemetaan matakuliah pada kurikulum S1 Informatika dalam tiap semester:

 

Berikut adalah deskripsi dari masing-masing profil lulusan pada Prodi S1. Informatika :

Software Engineer :  Lulusan yang dapat menerapkan konsep rekayasa perangkat lunak dalam menganalisis kebutuhan, mendesain, mengembangkan, menguji dan mengevaluasi perangkat lunak yang mampu beroperasi pada berbagai platform sesuai dengan kebutuhan.

Artificial Intelligence Engineer : Lulusan yang dapat memberikan solusi penyelesaian masalah dengan menerapkan konsep-konsep kecerdasan buatan, seperti machine learning, deep learning, natural languange processing, sistem pakar, sistem pendukung keputusan, pengenalan pola, dan kecerdasan komputasional.

Data Analis : Lulusan yang menerapkan konsep pengumpulan dan ekstraksi data mentah serta memproses dan menganalisisnya untuk mendapatkan informasi yang bernilai guna.

Game Developer : Lulusan yang mampu merancang dan mengembangkan game untuk komputer, konsol, dan perangkat seluler. Mereka terlibat dalam membuat desain dan membuat implementasi.

 

Pedoman Program Merdeka Belajar, Kampus Merdeka (MBKM) Prodi S1. Informatika -> Download

Prestasi Tahun 2019 

A. Tingkat Internasional

  • Juara III Remotely Operated Underwater Vehicle (ROV) pada The 3rd ASEAN MATE Underwater Robot Competition tanggal 5 Mei 2019.
  • Medali Emas dan Perak pada 8th Bali International Choir Festival tanggal 23 - 27 Juli 2019.

B. Tingkat Nasional

  • Juara I Remotely Operated Underwater Vehicle (ROV) pada Kompetisi Remotely Operated Underwater Vehicle (ROV) tanggal 21 - 23 Februari 2019.
  • Juara III dan Best Design pada Kontes Robot Indonesia divisi KRSBI Humanoid tanggal 20-22 Juni 2019.
  • Juara III pada Kompetisi Muatan Roket Indonesia (KOMURINDO).
  • Juara I pada Kontes Robot Terbang Indonesia (KRTI) tingkat Nasional Divisi Vertical Take-Off and Landing.
  • Juara III Kelas B Putra pada Pencak Silat National Open Tournament, Lampung Championship III tanggal 23-24 Maret 2019.
  • Juara V Penyaji Unggulan, Kostum & penata rias terbaik pada 13rd Nasional Folklore Festival tanggal 6 Maret 2019.

C. Tingkat Regional 

  • Juara 1 pada Lomba Design Graphic Se-Sumbagsel LATANSA (Gelaran Tahunan Satu Rasa) di Universitas Islam Negeri Lampung.
  • Juara I dan Strategi Terbaik pada Kontes Robot Indonesia divisi KRSBI Humanoid tanggal 4 - 6 April 2019.
  • Strategi Terbaik pada Kontes Robot Indonesia divisi KRSBI Beroda tanggal 4 - 6 April 2019.
  • Juara I (kumite -55) pada Kejuaraan NKRI Festival & Open Tournament Karate di Bandar Lampung.

D. Tingkat Provinsi

  • Juara I pada Lomba Teknologi Tepat Guna tanggal 28 - 29 Februari 2019. 
  • Juara I U54 Senior putra pada Open Turnamen Taekwondo Saburai CUP X provinsi Lampung tanggal 16 - 17 Maret 2019.
  • Juara I Basket Putra pada Pekan Olahraga Mahasiswa Daerah Lampung Tahun 2019 Cabang Bola Basket di Universitas Teknokrat Indonesia.
  • Juara III Laga Kelas D pada Pekan Olahraga Mahasiswa Daerah Lampung Tahun 2019 Cabang Pencak Silat di Universitas Islam Indonesia.
  • Juara II Voli Putra pada Pekan Olahraga Mahasiswa Daerah Lampung Tahun 2019 Cabang Voli di POLINELA.
  • Juara II Voli Pantai Putra pada Pekan Olahraga Mahasiswa Daerah Lampung Tahun 2019 Cabang Voli di POLINELA.
  • Juara III pada Lomba Spektakuler Wedding Expo Lampung tanggal 15 Februari 2019. 

 

Prestasi Tahun 2020

A. Tingkat Internasional

  • Medali Emas Kumite Beregu Senior Putra pada International Open Karate Champinship Susilo Bambang Yudhoyono CUP XV.
  • Medali Perunggu Kumite junior -61 Kg pada International Open Karate Champinship Susilo Bambang Yudhoyono CUP XV.

B. Tingkat Nasional

  • Juara III Kategori Menggiring Bola pada Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Humanoid tanggal 21 November 2020.
  • Juara II Kategori Lari pada Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Humanoid tanggal 21 November 2020.
  • Juara III pada Kontes ROV (Remotely Operared Underwater) tanggal 19 - 21 November 2020 (Online).
  • Juara III pada lomba Idea Creative dalam Continuous Improvement Program (CIP) tanggal 7 Desember 2020 (Online).
  • Juara II pada Turnamen Cup XXX E-Sport Mobile Legends tanggal 2-7 November 2020.

C. Tingkat Regional

  • Juara I Kategori Menggiring Bola pada Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Humanoid tanggal 7 s.d. 8 Oktober 2020.
  • Juara I Kategori Lari pada Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Humanoid tanggal 7 s.d. 8 Oktober 2020.
  • Juara II Kategori Kerjasama Robot pada Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Humanoid tanggal 7 s.d. 8 Oktober 2020.
  • Robot Sepak Bola pada Indonesia (KRSBI) Humanoid tanggal 7 s.d. 8 Oktober 2020. 
  • Juara I pada Tari Kreasi Daerah tanggal 19 Oktober 2020 di Bandar Lampung (lomba online).

 

Prestasi Tahun 2021

A. Tingkat Nasional

  • Juara II pada Technology Euphoria Cabang Network Competition tanggal 13 September - 30 Oktober 2021 di Universitas Negeri Sriwijaya.
  • Juara I pada Lomba Vidiography tanggal 22 November - 18 Desember 2021 di Universitas Mercu Buana.
  • Juara III pada Tari Kreasi Pesta Daring Universitas Negeri Jakarta tanggal 28 Oktober 2021.
  • Medali Emas Kelas 51 Kg pada Pekan Olahraga Nasional XX Papua Cabang Hapkido tanggal 25 September 2021 di Papua.
  • Juara 2 Tunggal Putra pada Kompetisi Pencak Silat Lampung Berjaya Virtual Cup.

B. Tingkat Regional

  • Juara II Lomba Lari pada Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Humanoid.
  • Juara III Lomba Menggiring Bola pada Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Humanoid.
  • Juara III Lomba Kerja sama Robot pada Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Humanoid.

C. Tingkat Provinsi

  • Juara I Film Pendek Animasi 2 Dimensi pada Islamic Animated Short Movie Competition tanggal 15 Juni 2021 .
  • Juara III Film Pendek Animasi 3 Dimensi pada Islamic Animated Short Movie Competition tanggal 15 Juni 2021.

 

Prestasi Tahun 2022

A. Tingkat Nasional

  • Juara I Desain Poster pada Al Fath Festival Universitas Islam Indonesia tingkat Nasional tanggal 20 Maret - 10 April 2022.
  • Juara II Divisi KRSBI Humanoid pada Kontes Robot Indonesia Tahun 2022 Divisi Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Humanoid.
  • Juara I pada Dies Natalis UKMF KSS FKIP tanggal 28 Mei 2022.
  • Juara I pada Pekan Seni Mahasiswa (PEKSEMA) Tingkat Nasional tanggal 27 Mei 2022.
  • Juara III Sloka Kreatif pada Lomba Jnana Dharma Digital 2022 Tingkat Nasional.
  • Juara II Musik Islami pada Perlombaan Musik Islami Tingkat Nasional Juni 2022.
  • Juara II Petinju Elit Putra (Kelas 81 Kg) pada Lampung Boxing Competition Tingkat Nasional 22-26 Mei 2022.

B. Tingkat Provinsi

  • Juara III pada Piala Gubernur CUP Lampung tanggal 20 Desember 2022.
  • Medali Perunggu kelas Kata Perorangan Senior Putra pada Kejuaraan Karate pada Pekan Olahraga Provinsi Lampung 2022 5-7 Desember 2022.
  • Juara I Kelas 80 Kg Elit Putra pada Kejuaraan Kick Boxing pada Pekan Olahraga Provinsi Lampung.
  • Juara III Senior Putra +80 Kg Point Fighting pada Kejuaraan Kick Boxing tanggal 12 - 14 Desember 2022.
  • Juara III Senior Putra +77 Kg Kick Light pada Kejuaraan Kick Boxing tanggal 12 - 14 Desember 2022.
  • Juara II Senior Putra+90 Kg Low Kick pada Kejuaraan Kick Boxing tanggal 12 - 14 Desember 2022.
  • Juara III Sepak Bola Putra pada Liga Nusantara Zona Lampung tanggal 7 - 20 Maret 2022 di GIGA Futsal Arena Metro.
  • Juara II Futsal Putra pada Pekan Olahraga Mahasiswa Provinsi tanggal 25 s.d. 29 Juli 2022.
  • Juara I Futsal Putra pada Liga Mini Soccer Piala Kemerdekaan tanggal 26 Agustus 2022.
  • Juara I Basket Putra pada Pekan Olahraga Mahasiswa Provinsi Lampung 2022.
  • Juara II Kategori Ganda Putra Pekan Olahraga Mahasiswa Provinsi Lampung 2022.
  • Juara I Daeryun (Fight) Under 51 Putri pada Kejuaraan Hapkido pada Pekan Olahraga Mahasiswa Provinsi Lampung 2022.
  • Juara I Long Jump Female pada Kejuaraan Hapkido pada Pekan Olahraga Mahasiswa Provinsi Lampung 2022.
  • Juara I Hosinsul Authorized Female pada Kejuaraan Hapkido pada Pekan Olahraga Mahasiswa Provinsi Lampung 2022.
  • Juara I Tari Kreasi pada GEBYAR AKSARA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung 2022.
  • Juara I Tari Tradisional pada Trilofia tanggal 23 Oktober 2022.
  • Juara I Tari Kreasi pada Pekan Seni Mahasiswa Provinsi Lampung 2022.
  • Juara III Photography pada Pekan Seni Mahasiswa Provinsi Lampung 2022.

 

Prestasi Tahun 2023

A. Tingkat Nasional

  • Juara II pada Kompetisi Tari National Folklore Festival tanggal 8 - 11 Maret 2023 di Universitas Indonesia.

B. Tingkat Provinsi

  • 2nd RU Menganai pada Pemilihan Muli Menganai Kabupaten Tulang Bawang 2023.
  • 5th RU Menganai pada Pemilihan Muli Menganai Kabupaten Tulang Bawang 2023.