Visi
“Menjadi Program Studi Informatika yang bertaraf internasional di wilayah Sumatera tahun 2030 pada bidang pengembangan perangkat lunak dan sistem cerdas serta berperan aktif dalam Pembangunan Bangsa melalui Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat”
Misi
Kurikulum Program Studi Informatika FTIK UTI dirancang untuk menghasilkan lulusan yang profesional di bidang komputer. Setelah menyelesaikan program S1 Informatika, lulusan akan dapat berkarir sebagai: Software Engineer/Developer, AI Engineer, Data Scientist, Gaame Developer, IT Support/Consultant, Instruktur/Pengajar. Kurikulum S1 Informatika dikembangkan dengan mengacu pada standar Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan standar kurikulum Ilmu Komputer/Informatika yang di kembangkan oleh Association for Computing Machineries (ACM) serta IABEE. Selain itu Kurikulum juga dikembangkan dengan mengacu pada kebutuhan pengguna lulusan baik itu lokal, nasional, dan internasional, sehingga lulusan S1 Informatika akan mampu berkompetisi di level nasional dan internasional.
Total SKS minimal yang harus ditempuh untuk lulus S1 Informatika adalah 146 sks yang terdiri 125 sks matakuliah wajib, dan 12 sks atau lebih matakuliah pilihan, 3 sks Praktik Kerja Lapangan serta 6 sks Skripsi. Berikut pemetaan matakuliah pada kurikulum S1 Informatika dalam tiap semester:
Berikut adalah deskripsi dari masing-masing profil lulusan pada Prodi S1. Informatika :
Software Engineer : Lulusan yang dapat menerapkan konsep rekayasa perangkat lunak dalam menganalisis kebutuhan, mendesain, mengembangkan, menguji dan mengevaluasi perangkat lunak yang mampu beroperasi pada berbagai platform sesuai dengan kebutuhan.
Artificial Intelligence Engineer : Lulusan yang dapat memberikan solusi penyelesaian masalah dengan menerapkan konsep-konsep kecerdasan buatan, seperti machine learning, deep learning, natural languange processing, sistem pakar, sistem pendukung keputusan, pengenalan pola, dan kecerdasan komputasional.
Data Analis : Lulusan yang menerapkan konsep pengumpulan dan ekstraksi data mentah serta memproses dan menganalisisnya untuk mendapatkan informasi yang bernilai guna.
Game Developer : Lulusan yang mampu merancang dan mengembangkan game untuk komputer, konsol, dan perangkat seluler. Mereka terlibat dalam membuat desain dan membuat implementasi.
Pedoman Program Merdeka Belajar, Kampus Merdeka (MBKM) Prodi S1. Informatika -> Download
Prestasi Tahun 2019
A. Tingkat Internasional
B. Tingkat Nasional
C. Tingkat Regional
D. Tingkat Provinsi
Prestasi Tahun 2020
A. Tingkat Internasional
B. Tingkat Nasional
C. Tingkat Regional
Prestasi Tahun 2021
A. Tingkat Nasional
B. Tingkat Regional
C. Tingkat Provinsi
Prestasi Tahun 2022
A. Tingkat Nasional
B. Tingkat Provinsi
Prestasi Tahun 2023
A. Tingkat Nasional
B. Tingkat Provinsi